Larisnya.com | Pusat Suplemen dan Kosmetik | Terlengkap dan Termurah

Hari Ini: Kamis

14 December 2017

Opening Hours:

08.00 - 18.00 WIB

Telp/Sms:

0817 226 102

BBM Pin:

5B3A5CA5

Email:

admin@larisnya.com

Status:

Admin ONLINE
MAC Mascara Eyeliner Waterproof

Rp 45.000

Rp 25.000

Kode Produk: GD-88YG3
Detail
BB Cream Skin79 VIP Gold ORIGINAL

Rp 275.000

Rp 175.000

Kode Produk: GD-KJ83N
Detail
Emilay Whitening Softgel

Rp 75.000

Rp 40.000

Kode Produk: JK-83KA3
Detail

Limfoma Kanker Kelenjar Getah Bening Ketahui Bahayanya

July 2014 - Kategori

Artikel Kesehatan dan Kecantikan

| 8065 Kali Dilihat

Limfoma atau kanker kelenjar getah bening adalah sejenis kanker pada sistem limfatik yang tumbuh akibat mutasi (terjadinya perubahan) sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal menjadi abnormal dan ganas. Seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sum-sum tulang, darah maupun organ lainnya.

http://larisnya.com/wp-content/uploads/limfoma.jpgSistem limfatik merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mengalir ke seluruh tubuh dan berguna untuk melawan virus, bakteri dan jamur, yang dapat mengakibatkan timbulnya infeksi didalam tubuh kita.

Berkaitan dengan berita tentang penyakit Olga Syahputra yang saat ini diisukan tengah menderita sakit kanker getah bening. Hal ini tentu saja mengejutkan karena dikabarkan kanker yang diderita Olga sudah stadium empat.

Mantan Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Dr Kartono Mohamad mengatakan kanker getah bening termasuk penyakit yang sulit disembuhkan terlebih jika telah mencapai stadium empat.

“Kanker getah bening ada kemungkinan disembuhkan, tapi kalau sudah sampai pada stadium empat itu mustahil, hanya bisa menunggu keajaiban saja,” kata Kartono kepada Tempo, Rabu 18 Juni 2014.

Pengidap kanker stadium empat hanya bisa bertahan dengan perawatan paliatif, lanjut Kartono. Perawatan Paliatif merupakan perawatan yang berkonsentrasi pada pengurangan keparahan gejala penyakit, bukan berusaha untuk menghentikan penyakit.

Tujuan dari penyembuhan Paliatif adalah untuk mencegah dan mengurangi penderitaan dan meningkatkan kualitas hidup orang yang menghadapi penyakit yang kompleks. “Paliatif itu penopang hidup, ini bertujuan untuk mempertahankan agar hidup lebih lama,” lanjut Kartono.

Lebih rinci, Kartono menjelaskan banyak penderita kanker yang bisa sembuh dengan perawatan paliatif ini. Ada istilah Five year absolute survival, pasien akan diawasi selama lima tahun setelah didiagnosa.

“Banyak pasien bisa sembuh setelah lima tahun perawatan, tapi kebanyakan mereka mengidap kanker yang belum stadium empat,” kata Kartono.

Sistem limfatik

SistemLimfatikJenis limfoma yang paling umum diketemukan adalah Limfoma Non-Hodgkin (LNH). LNH merupakan keganasan yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel kelenjar getah bening secara tidak terkontrol.

LNH dibedakan lagi menjadi tipe LNH indolen (low grade) yang berkembang secara perlahan dan LNH agresif (high grade) yang berkembang lebih cepat. Klasifikasi LNH ini membantu dokter untuk menentukan terapi yang tepat. Limfoma agresif sangat sensitif terhadap terapi sehingga memiliki potensi yang lebih besar untuk disembuhkan.

Limfoma Non-Hodgkin dapat disembuhkan, jadi semakin cepat Anda berobat, semakin besar peluang Anda untuk sembuh!

Apa gejala umum Limfoma Non-Hodgkin?

Gejala-gejala umum LNH diantaranya diketemukannya benjolan di leher, ketiak dan selangkangan, demam tanpa sebab, berkeringat di malam hari, berat badan turun drastis tanpa penyebab yang jelas dan rasa lelah terus menerus. 

Apakah Limfoma Non-Hodgkin juga mengenal stadium?

Ya. LNH memiliki beberapa stadium, yaitu:

 

Stadium ILimfoma berada pada satu kelompok kelenjar getah bening.
Stadium IILimfoma berada pada dua atau lebih kelompok kelenjar getah bening, dan berada pada satu sisi diafragma (sekat antara rongga perut dan rongga dada).
Stadium IIIAda lebih dari dua kelompok kelenjar getah bening yang berada pada dua sisi diafragma.
Stadium IVLimfoma telah terjadi di organ tubuh lain seperti di paru-paru, perut atau di sumsum tulang.

Gejala Kelenjar Getah Bening

tentang limfomaGejala kelenjar getah bening,dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan sekilas tentang gejala kelenjar getah bening yang kami tuangkan dalam artikel ini yang semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda.Namun kami akan menjelaskan sedikit kembali mengenai kelenjar getah bening,kelenjar getah bening yaitu sebuah jaringan memiliki bentuk oval di dalam tubuh yang bertindak sebagai penghasil dan penyaring cairan yang disebut sebagai getah bening yang bertugas dalam mengeluarkan s

 

el-sel yang telah mati dan yang paling utama yaitu sebagai alat pertahanan terhadap infeksi.

Kelenjar getah bening dapat mengalami gangguan dan fungsinya akan mengalami masalah bila ada penyakit masuk kedalam jaringan kelenjar getah bening dan dapat berubah menjadi kanker.Kanker adalah sekelompok penyakit yang terjadi ketika sel-sel tubuh yang tidak normal tumbuh dan menyebar dengan cepat.Kanker kelenjar getah bening  limfoma adalah kanker ganas yang berkaitan dengan sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan bertugas dalam membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.

Cairan limfatik sendiri adalah cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limfatik.

GEJALA KELENJAR GETAH BENING SECARA UMUM

  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada leher
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada ketiak
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada pangkal paha

BERIKUT GEJALA KELENJAR GETAH BENING BERDASARKAN JENIS PENYAKIT KELENJAR GETAH BENING

1. Hodgkin’s

Merupakan jenis limfoma yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan limpa tanpa disertai rasa sakit. Kanker ini sangat progresif pada beberapa jaringan limfoid dan pertumbuhan abnormal sel terjadi secara cepat.

Faktor resiko terkena kanker getah bening jenis Hodgkin’s:

  • Pria atau wanita usia 15-38 tahun dan usia di atas 50 tahun.
  • Mempunyai kelainan dalam fungsi sistem kekebalan seluler tubuh (sel-T) meskipun produksi antibodi normal.
  • Dan berikut adalah

Gejala-gejala terkena kanker getah bening jenis Hodgkin’s

Pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening di sekujur tubuh: Leher, ketiak, dan lipat paha (tidak terasa nyeri).
Demam, berkeringat pada malam hari, kurang nafsu makan, dan berat badan turun.
Pada beberapa orang, kadang-kadang menyerang dada yang menyebabkan gangguan pernafasan.
Semakin berkembang, sel-sel abnormal akan menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya dan mulai menyerang struktur lain termasuk paru-paru, hati, dan organ-organ abdominal.

2. Non-Hodgkin

Merupakan kanker ganas yang berasal dari limfonodus dan jaringan limfa lainnya.

Gejala-gejala kanker getah bening jenis Non-Hodgkin:

  • Pembesaran kelenjar getah bening.
  • Pembesaran tonsil dan kelenjar adenoid, limfonodus di leher dan sekitarnya menjadi kemerahan.
  • Limfoma yang berkembang menunjukkan gejala demam, berkeringat pada malam hari, lelah, dan berat badan menurun.

Limfoma jenis ini lebih sering terjadi pada pria terutama pada usia di atas 50 tahun. Semakin tua usia seseorang semakin tinggi resiko terkena limfoma.

Hingga kini penyebab limfoma belum diketahui secara pastinamun ada empat kemungkinan penyebabnya yaitu

  • Faktor keturunan,
  • Kelainan sistem kekebalan,
  • Infeksi virus atau bakteri dan toksin lingkungan (herbisida, pengawet, pewarna kimia).

Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Beberapa gejala tipikal limfoma, adalah benjolan tidak terasa sakit, membesar secara bertahap, permukaannya mulus, pas diraba kerasnya seperti bola pingpong, atau seperti ujung hidung. Pembesaran paling sering terjadi di kelenjar getah bening leher dan supraklavikula.

Ketika mengetahui adanya pembesaran kelenjar getah bening, dapat dilakukan pemeriksaan biopsi. Umumnya, diambil kelenjar getah bening di bawah leher ataupun bawah ketiak. Ini adalah cara diagnosis limfoma yang wajib dilakukan.

Perubahan pada Kulit

Penderita limfoma akan muncul serangkaian perubahan pada kulit, seperti eritoma, lepuh, erosi kulit, dan lain-lain Limfoma tahap lanjutan akan mengalami kemerosotan antibodi dan kulit sering infeksi bernanah.

“Ketika muncul gejala-gejala seperti di atas, belum pasti mengidap limfoma, tetapi diharapkan untuk segera diperiksa ke rumah sakit. Jika sudah dipastikan sebagai limfoma, segera diberi pengobatan untuk meningkatkan hasil pengobatan dan kualitas hidup Anda,” berdasarkan rekomendasi Modern Cancer Hospital Guangzhou.

Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang jenis kanker ini, sejak 2004 diperingati Hari Peduli Limfoma Sedunia di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri, peringatan Hari Peduli Limfoma Sedunia pertama kali diperingati pada 2005. Peringatannya ditandai dengan pendirian kelompok dukungan pasien limfoma pertama di Indonesia, “Masyarakat Peduli Limfoma Indonesia” (MPLI), dan berbagai kegiatan kampanye lainnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan limfoma.

Sumber: http://larisnya.com/file/bcfj234

, , , , , , , , , , , , ,

Limfoma Kanker Kelenjar Getah Bening Ketahui Bahayanya
Rating: 4.8 out of 5
7 Komentar/Review
  • eky fitriansyah says:

    bagaimana jika ada benjolan di belakang kepala sebesar ibu jari apa itu juga termasuk kelenjar getah bening
    semenjak ada benjolan di kepala saya ini
    saya sering merasakan nyeri di sekitar benjolan ,saya lebih mudah sakit

    • admin says:

      Ada baiknya langsung di cek ke RS terdekat sista.. 🙂 Sebab limfoma pada umumnya sulit dideteksi secara fisik.

  • feni martika says:

    Pada ketiak kiri saya ada benjolan yg cukup besar dan trasa sangat sakit skali. Ini jg mempengaruhi tangan sbelah kiri saya trasa sangat sakit. Untuk mengangkat tangan sebelah kiri saya saja trasa sangat sakit. Apa ini bisa dsmbuhkan??

  • cenit says:

    tapi jika benjolan tersebut terasa sakit , apa itu termasuk??

  • IRENE CLARA says:

    Hallo admin. Baru tgl 17/9/15 say terima info bahwa kaka sy yg sy sgt sayngi terindikas kanker getah bening stadium 3. Tapi kk saya ga mau alternatif herbal krn dokter mengancam tdk bertanggung jawab jika sdh ke herbal. Kaka sy bernama Lia usia 41 th. Sejak April 15 kaki mulai sakit lalu mkn drop. Admin yg terkasih apakah kk saya bisa sembuh total spt semula?Apakah harus kemo sesuai surhan dokter? Apkh ga bahaya ke rahimnya krn beliau berencana menikah thn 2016. Hrsnya 2015 Sept krn sakit jd mundur. Jika tdk kemo apakah ada alternatif lainnya?Apakah sakit ini ada yg sembuh? Maaf admin byk pertanyaan saya krn kami masih terpukul dg semua ini.Apkh makanan minuman pantangan dan yg dianjurkan u penderita ini?Thk u n GBU all.

  • helliana says:

    saya mw bertanya..
    setelah operasi klenjar ganas apa ad kemungkinan virus itu msh bs berkembang pada tubuh kita..? kr setelah saya operasi sdh 1 thn lbh badan sy akhir2 ini suka cpt lemah,keringatan lagi tengah mlm,suka pusing. trmksh

  • Jhoni says:

    Saya mempunyai kekasih yg mengidap kanker getah bening, sdh menjalani 3 x operasi dan belum jg sembuh.
    Terakhir operasi hasil lab menyebutkan ia jg mengidap tbc,
    Apa kah bnr kanker kelenjar getah bening jg menyebabkan tbc??
    Dan stadium brpkah kanker yg di derita kekasih saya??

Berikan Komentar/Review Anda

Artikel Lainnya

Lupa Kata Sandi?


Body Slim Herbal Scrub PREMIUM

Rp 55.000

Rp 25.000

Kode Produk: JK-91RT7
Detail
Walet Super Gold Premium

Rp 175.000

Rp 105.000

Kode Produk: GK-83UG3
Detail
Acai Berry A+ Scrub

Rp 65.000

Rp 40.000

Kode Produk: JK-98HJ7
Detail
Cara Cepat dan Mudah Belanja Online di Larisnya.com
​​