Larisnya.com | Pusat Suplemen dan Kosmetik | Terlengkap dan Termurah

Hari Ini: Kamis

14 December 2017

Opening Hours:

08.00 - 18.00 WIB

Telp/Sms:

0817 226 102

BBM Pin:

5B3A5CA5

Email:

admin@larisnya.com

Status:

Admin ONLINE
Walet Super Gold Premium

Rp 175.000

Rp 105.000

Kode Produk: GK-83UG3
Detail
Body Slim Herbal Lotion

Rp 55.000

Rp 25.000

Kode Produk: JK-72BN7
Detail
Emilay Whitening Softgel

Rp 75.000

Rp 40.000

Kode Produk: JK-83KA3
Detail

Pentingnya Cooling Break Saat Olahraga

July 2014 - Kategori

Artikel Kesehatan dan Kecantikan

| 2490 Kali Dilihat

Ketika olahraga umumnya suhu tubuh akan meningkat. Kondisi ini dipengaruhi proses pembakaran kalori tubuh untuk menghasilkan energi. Suhu udara dan kelembapan yang tinggi membuat keringat menjadi lebih cepat dan lebih banyak keluar. Sehingga dibutuhkan waktu untuk Cooling Break/Cooling Down saat berolahraga.

minum airCooling break diberikan untuk mencegah terjadinya gangguan fisik akibat panas, yang bergantung pada temperatur dan kelembaban. Gangguan muncul ketika tubuh menghasilkan panas lebih besar dari yang bisa dilepaskan. Dalam keadaan tersebut, seseorang bisa berhalusinasi atau kesulitan bernapas.

Pada pertandingan Belanda vs Meksiko dalam Piala Dunia 2014 Wasit Pedro Proenca memberikan istirahat untuk menurunkan suhu tubuh (cooling break) selama tiga menit, pada pertandingan pertandingan 16 besar Piala Dunia antara Belanda dan Meksiko, di Estadio Castelao, Fortaleza, Minggu (29/6/2014). Cooling break pertama dalam sejarah Piala Dunia itu diberikan Proenca pada menit ke-32 dengan durasi tiga menit.

Para pemain berusaha memanfaatkan cooling break untuk minum dan membasahi diri dengan handuk basah. Proenca juga tampak mendinginkan diri menggunakan dua handuk basah untuk menyesuaikan suhu tubuhnya.

Mengingat Brasil dilintasi garis khatulistiwa dan beriklim tropis, sejak awal FIFA sudah membuat kebijakan soal cooling break ini. FIFA tidak hanya memperhitungkan suhu udara, tetapi Wet Bulb Globe Temperature (WBGT) atau dikenal juga dengan Indeks Suhu Bola Basah. Pada pertandingan FIFA, cooling break tambahan bisa diberikan ketika suhu berada di atas 32 derajat celcius.

Berkaitan dengan pertandingan Belanda Vs Meksiko itu, suhu ketika kick-off (pukul 13.00 waktu setempat) mencapai 29 derajat celsius dengan kelembaban 68 persen. Menjelang menit ke-60, suhu udara meningkat hingga 32 derajat celsius.

dr Arie Sutopo, SpKO, Ketua Bidang IPTEK KONI DKI Jakarta mengatakan bahwa pemain bisa mengalami pusing, muntah-muntah hingga pingsan dan kejang-kejang akibat terserang heatstroke. Lalu, kapan kita harus melakukan cooling break agar tak terserang heatstroke?

Dijelaskan dr Arie bahwa pada tubuh manusia, sudah ada sistem tubuh yang mengatur bagaimana caranya untuk menurunkan suhu di dalam tubuh. Berkeringat adalah salah satunya. Akan tetapi jika terlalu banyak berkeringat tanpa rehidrasi pun tidak baik.

“Karena itu suhu normal yang dapat ditahan di dalam tubuh itu sekitar 37 derajat celsius. Kalau suhu sudah lebih dari itu sudah harus melakukan cooling break, karena keringat tentu keluar lebih banyak” tutur dr Arie.

Sebagai perbandingan, pertandingan Piala Dunia 2014 Belanda versus Meksiko dilakukan dalam suhu 38.8 derajat celsius. Lebih tinggi 2 derajat dari suhu yang dapat ditahan tubuh, sehingga wajar jika wasit meminta waktu untuk dilakukan cooling break terlebih dahulu.

Namun dr Arie menjelaskan bahwa pada kondisi tertentu, cooling break tidak perlu dilakukan. Seperti olahraga dalam ruangan atau olahraga lain yang tidak mengeluarkan banyak keringat, cooling break bukanlah suatu keharusan.

Berolahraga di luar ruangan pun tidak selalu membutuhkan cooling break. Di katakan dr Arie bahwa suhu kota Jakarta ada diantara 27-30 derajat celsius, sehingga masih cukup aman untuk melakukan olahraga di luar ruangan.

“Kalau suhu tidak naik melebihi normal, kalau keringat yang keluar tidak banyak, nggak ada masalah. Nggak perlu cooling break kalau lagi main sepakbola,” tutur dokter yang juga pengajar di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta tersebut.

Mengacu pada peraturan kondisi tersebut, FIFA akhirnya benar-benar resmi menggunakan sistem time out untuk mengatasi masalah cuaca di laga Belanda kontra Meksiko. Pada duel 16 besar Piala Dunia 2014 yang dimenangi Oranje tersebut, para pemain kedua tim diizinkan untuk istirahat minum setelah laga berlangsung setengah jam.

Keputusan ini diambil bukan tanpa sebab. Keadaan di Fortaleza, tempat laga maut ini digelar memang jauh dari standard pertandingan semestinya. Dalam ketentuan FIFA, ada syarat bahwa suhu harus di atas 30 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban di atas 90%.

Dilaporkan oleh Robin Bairner untuk GOAL, suhu di laga tersebut mencapai 38,8 derajat Celcius pada titik tertinggi. Tidak ada alasan lagi untuk tidak menerapkan time out demi menjaga agar para pemain tidak mengalami dehidrasi.

Dalam penerapannya, istirahat minum dalam time out ini berlangsung selama tiga menit, setelah menit 30 setiap babaknya. Dengan langkah ini diharapkan para pemain bisa kembali segar dan melakoni pertandingan tanpa kekhawatiran dengan kondisi tubuh.

Tapi bukan berarti tidak ada kontroversi. Wasit Pedro Proenca meniup peluit tanda time out dalam keadaan Belanda yang menguasai bola. Namun kala laga dimulai, ternyata hak untuk mendapatkan bola ada pada Meksiko.

Apa pun itu, laga Belanda kontra Meksiko tercatat dalam sejarah sebagai laga pertama dalam Piala Dunia yang menggunakan time out layaknya olahraga lain seperti basket, American Football, dan polo air.

Demikianlah beberapa pemaparan mengenai Pentingnya Cooling Break/Cooling Down Saat Berolahraga.

Sumber: http://larisnya.com/file/bcdj472

, , , , , , ,

Pentingnya Cooling Break Saat Olahraga
Rating: 4.8 out of 5

Berikan Komentar/Review Anda

Artikel Lainnya

Lupa Kata Sandi?


BB Cream Skin79 HOT Pink SPF25 ORIGINAL

Rp 275.000

Rp 175.000

Kode Produk: GK-98DF7
Detail
MAC Mascara Eyeliner Waterproof

Rp 45.000

Rp 25.000

Kode Produk: GD-88YG3
Detail
MAC Palette 78 Colour

Rp 180.000

Rp 100.000

Kode Produk: GD-87KH1
Detail
Cara Cepat dan Mudah Belanja Online di Larisnya.com
​​